today'srate
IDR250K NET
Home / Experiences
Oleh-oleh Khas Bali Lengkap di Satu Jalan? Sunset Road Bali Tempatnya

Tak lengkap rasanya pulang dari suatu tempat wisata tanpa membawa buah tangan alias oleh-oleh. Tak terkecuali jika Anda berkunjung ke Pulau Dewata, Bali, membawa oleh-oleh khas Bali untuk keluarga, teman, dan orang-orang terdekat sudah seperti menjadi kewajiban.

Mungkin Anda sudah mengetahui atau mengenal beberapa nama toko atau tempat yang menjual oleh-oleh khas Bali. Namun biasanya Anda harus mengunjungi beberapa tempat tersebut meskipun jaraknya saling berjauhan. Padahal arus lalu-lintas di Bali saat musim liburan atau akhir minggu akan menjadi sangat padat. Kondisi tersebut bisa membuat waktu berlibur Anda menjadi terbuang percuma di perjalanan demi untuk mendapatkan oleh-oleh khas Bali.

Nah, daripada Anda harus bepergian ke beberapa pusat oleh-oleh yang saling berjauhan lokasinya, ada sebuah jalan yang memiliki beberapa pusat penjualan oleh-oleh khas Bali yang juga sudah terkenal. Nama jalan tersebut adalah Sunset Road yang melintasi daerah pusat pariwisata Bali, apalagi kalau bukan di Kuta.

Hanya dengan menyusuri Jalan Sunset Road ini, Anda bisa menemukan beberapa pusat penjualan oleh-oleh khas Bali mulai dari berbagai makanan, kerajinan, pakaian, aksesoris, dan masih banyak lagi. Berikut nama-nama toko tersebut.

Krisna Bali

Siapa tak kenal Krisna? Krisna Bali merupakan pusat oleh-oleh terlengkap dan terbesar di Bali yang buka selama 24 jam non-stop. Krisna Bali mempuyai lima cabang di Bali dan salah satunya berada di Jl. Sunset Road No. 88. Oleh-oleh dijual di Krisna Bali adalah makanan khas Bali seperti pie susu, ceker garing, keripik, kue kering, buah salak, dodol kering, dan masih banyak lagi. Krisna juga menjual kopi khas Bali seperti Kopi Kintamani, Kopi Mangsi dan Kopi Bali Spirit. Selain itu, Krisna juga berbagai macam pakaian. Harga yang ditawarkan pun cukup murah, tempat sangat lega, parkir yang luas, serta dilengkapi kantin untuk beristirahat. Krisna Cabang Sunset Road terletak bersebelahan persis dengan The Atanaya Hotel Kuta, Bali.

Pusat Seni Kumbawati

Anda butuh berbagai jenis barang kerajinan khas Bali yang lengkap? Tak henya membeli secara eceran tapi juga partai besar? Maka Pusat Seni Kumbawati adalah tempatnya. Berada di Jl. Sunset Road No. 77 dengan tagline “Grosir Oleh-oleh Bali”, toko ini benar-benar menawarkan kerajinan khas Bali yang super lengkap mulai dari patung, ukir-ukiran, aromaterapi, topeng, pakaian, gelang, kalung, dan berbagai jenis aksesoris lainnya bisa Anda temukan disini.

Kampung Nusantara

Kampung Nusantara memiliki slogan “Pusat Oleh-oleh Kaos Bali”. Namun tak hanya menjual beragam kaos ala Bali dengan harga terjangkau, Kampung Nusantara juga menjual pakaian tradisional, makanan, camilan, dan barang-barang kerajinan khas Bali. Selain itu Kampung Nusantara juga menjual berbagai jenis lukisan karya pelukis Bali yang ditempatkan di dalam satu ruangan khusus.

Agung Bali

Agung Bali terletak di dekat perempatan Jalan Sunset Road dan Jalan Imam Bonjol dengan mengusung tagline “Rumah Kaos dan Oleh-oleh Khas Bali”. Oleh-oleh yang paling khas di Agung Bali adalah kaos kartun dengan desain yang unik dan lucu bertema semua tentang Bali. Terdapat juga aneka makanan dan camilan khas Bali seperti kacang disko, dodol, pia legong, pie susu, serta berbagai sandal, tas, topi, pernak-pernik seperti gantungan kunci, aksesoris, serta aneka hasil kerajinan tangan seperti lukisan.

Pabrik Kaos Kartun Jangkrik 85

Selain Joger yang sudah terkenal lebih dulu, di Jalan Sunset Road No. 85 juga terdapat toko khusus penjual kaos khas Bali bernama Jangkrik85 yang mengusung konsep berbeda. Dengan tagline “Pabrik Kaos Kartun dan Karikatur”, Jangkrik85 merupakan pabrik kaos kartun dan karikatur yang mengambil tema tentang tempat-tempat wisata Bali, budaya khas Bali, tokoh-tokoh penting Bali, peristiwa-peristiwa yang sedang hangat terjadi di Bali, dan masih banyak lagi. Tak hanya t-shirt, Jangkrik85 juga menyediakan topi, tas, celana pantai, pin, sarung tangan, jaket, dan sandal yang semuanya berciri khas desain kartun dan karikatur. Jangkrik85 juga mendirikan Museum Karikatur Indonesia Bali yang merupakan museum kartun pertama di Indonesia dan Asia Tenggara dimana dipajang beberapa hasil karya master kartunis Indonesia seperti GM Sudarta, Pramono, Priyanto, dan lain-lain. Beberapa karya master kartunis telah diaplikasikan pada desain kaos dan merchandise secara eksklusif dan terbatas. Selain itu Anda juga dapat melihat proses produksi Jangkrik85 di pabrik yang terletak belakang outlet secara gratis.

Kesimpulannya, kalau Anda ingin lebih mudah berbelanja di semua toko penjual oleh-oleh khas Bali diatas, pastikan pula untuk menginap di The Atanaya di Jalan Sunset Road No. 88A, Kuta, Bali.

Image credit: wellwornroad

thanks for subscribing

Anda telah berhasil berlangganan newletter Atanaya, dengan ini anda akan mendapatkan newsletter setiap minggu. Dengan berlangganan newsletter Atanaya anda akan mengetahui jika ada promo/event terbaru dari kami